Info!! Indonesia Terus Negosiasikan Aktivitas Pesawat Tempur Kfx/Ifx

Ilustrasi KFX

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengungkapkan kelanjutan kegiatan pembuatan pesawat tempur Korean Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KF-X/IF-X) yang merupakan kerja sama Indonesia- Korea Selatan terus dinegosiasikan.

Kami negosiasikan terus,” kata ia dalam perbincangan dengan Antara di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Jumat.

Beberapa waktu kemudian proyek bertotal investasi 8 miliar dollar AS itu diklaim sudah masuk tahap engineering manufactur development (EMD). Namun, kelanjutan kegiatan yang didanai Korea Selatan 80 persen dan Indonesia 20 persen itu masih dinegosiasikan.

Penelusuran Antara, pengembangan pesawat menghadapi hambatan pengadaan beberapa komponen yang lisensinya dimiliki Amerika Serikat.

Korea Selatan dan Indonesia sejatinya mencoba menyiasati hambatan itu dengan berkolaborasi dengan negara-negara di Eropa untuk pengadaan komponen itu.

Kerja sama pengembangan jet tempur generasi 4,5 ini telah dimulai semenjak 2016.

Ditargetkan pada 2019 prototipe pesawat tempur ini sudah diproduksi. Kemudian, pesawat sanggup diluncurkan dan sanggup terbang pada 2021. Pada 2026, dibutuhkan pesawat tempur KFX/IFX sanggup mendapat sertifikat.

Kita sedang negosiasikan terus, biar sanggup segera diputuskan,” kata Ryamizard.

Ryamizard menyampaikan kekuatan militer yang memadai harus dimiliki Indonesia untuk memperkuat posisi tawar Indonesia di tingkat regional dan global.
 

  antara  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Indonesia Terus Negosiasikan Aktivitas Pesawat Tempur Kfx/Ifx"

Post a Comment