Info!! Ri-Australia Sepakati Peningkatan Kerjasama Maritim

Kesepakatan ini dicapai dikala terjadi pertemuan antara Presiden Indonesi, Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull. [Foto/Kemlu RI]

Indonesia dan Australia dilaporkan telah menyepakati rencana agresi kerjasama dalam bidang maritim. Kesepakatan ini dicapai dikala terjadi pertemuan antara Presiden Indonesi, Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull.

Dalam pertemuan yang digelar di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Australia Special Summit 2018, di International Convention Centre, Sydney, kedua pemimpin mengawali pertemuan dengan membahas hasil pertemuan 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara yang diselenggarakan Jumat lalu.

"Saya berharap penandatanganan rencana agresi kolaborasi bahari sanggup segera diimplementasikan. Kedua Menlu juga sudah melaksanakan tukar pikiran mengenai konsep arsitektur daerah Indo-Pasifik. Saya berharap konsultasi mengenai Indo-Pasifik dilanjutkan demi terciptanya stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan di daerah Indo-Pasifik," ucap Jokowi, menyerupai dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Minggu (18/3).

Keduanya kemudian membahas mengenai Indonesia-Australia Comprehensive Economy Partnership Agreement (IA-CEPA). Seperti diketahui, perundingan terakhir mengenai IA-CEPA dilakukan 6-7 Maret lalu. "Terdapat kemajuan, namun memang belum selesai semuanya. Hasil selesai perundingan harus memastikan laba bagi dua negara. Negosiasi ini jangan hanya dilihat dari aspek komersial saja, namun perlu pula menekankan kemitraan dan kerja sama," ucapnya.

Jokowi dalam pertemuan itu berharap Australia sanggup memperlihatkan jawaban nyata atas banyak sekali usulan kerja sama. Kerja sama itu antara lain dalam urusan visa bekerja dan berlibur, pendidikan tinggi dan pembinaan vokasi, standar profesi, pengembangan industri dan pertanian termasuk peternakan, serta jadwal magang bagi pelajar maupun profesional.

Menurut keterangan Kemlu RI, warta lain yang dibahas dalam pertemuan itu yaitu Indonesia-Australia Digital Conference. Di mana Jokowi menyampaikan tindak lanjut atas konferensi yang telah terselenggara dengan baik harus segera dilakukan.

Tindak lanjut itu termasuk dalam peningkatan tugas Usaha Kecil Menengah (UKM) startup dalam membuatkan penemuan digital, pengembangan Next Indonesia Unicorn, peningkatan literasi digital, dan inisiatif smart government untuk meningkatkan pelayanan publik. (esn)

   sindonews  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Ri-Australia Sepakati Peningkatan Kerjasama Maritim"

Post a Comment