Info!! Pesawat N219 Kedua

Dirilis bulan depan PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PT DI akan kembali merilis pesawat buatan anak negeri N219 Nurtanio dan menjadi purwarupa kedua. [Foto/Arif Budianto] 

PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PT DI akan kembali merilis pesawat buatan anak negeri N219 Nurtanio. Pesawat tersebut menjadi purwarupa kedua yang berhasil dibentuk PT DI.

Direktur Utama PT DI Elfien Goentoro mengatakan, ketika ini pesawat N219 Nurtanio telah melaksanakan 13 kali uji terbang dengan total waktu 16 jam. Untuk mempercepat proses uji terbang, pada Februari 2018 ini pihaknya akan kembali merilis purwarupa N219 kedua.

Untuk melaksanakan uji terbang, tidak hanya dengan satu product development, alasannya yaitu di simpulan bulan Februari, satu product development akan hadir untuk mendampingi purwarupa pertama biar memenuhi menjadi 350 jam terbang," kata Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro di Bandung, Rabu (17/1/2018).

Menurut dia, PTDI bersama Kementerian Perhubungan berupaya untuk mempercepat proses sertifikasi. Purwarupa pesawat pertama dan kedua N219 Nurtanio akan menjalani serangkaian tes yang berbeda.

Sementara Chief Engineering N219 Nurtanio, Palmana Banandhi menambahkan pihaknya akan terus menuntaskan flight test ini sampai simpulan tahun 2018. Targetnya, tahun ini menuntaskan 350 jam terbang.

Untuk mengejar sasaran jam terbang, kami memakai dua pesawat yang lalu dapat mempercepat proses sertifikasi. Di mana kedua pesawat ini mempunyai misinya masing-masing," ungkap Palmana.

Purwarupa pesawat pertama dan kedua N219 Nurtanio akan menjalani serangkaian pengujian. Pesawat pertama akan menuntaskan pengujian performance dan structure test. Sedangkan purwarupa pesawat kedua N219 Nurtanio akan dipakai untuk pengujian system test, menyerupai avionic system, electrical system dan flight control.

Dari 100% subject flight test, itu kita bagi menjadi dua, 50:50. Sehingga nanti kegiatan-kegiatan flight test dapat dioptimalkan. Tidak hanya di satu pesawat, dan ini memungkinkan untuk dapat dicapai dalam tahun ini," paparnya

Diakui Palmana, purwarupa pesawat kedua N219 Nurtanio, ketika ini sudah masuk ke tahap basic system instalation. Sehingga di bulan Februari, purwarupa pesawat kedua N219 Nurtanio akan siap diuji terbang. (akr)

  sindonews  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Pesawat N219 Kedua"

Post a Comment