Info!! Wing Udara 1 Puspenerbal Tambah 1 Helikopter

Helikopter AS-565MBe Panther HS 4207 Tentara Nasional Indonesia AL

Wing Udara 1 Puspenerbal mendapat lagi satu unit helikopter Panther AS 565 di Base Ops Tentara Nasional Indonesia Lanudal Juanda, Jum’at, (9/2/2018). Selain untuk menjaga eksistensi keamanan dan kedaulatan yurisdiksi di perairan nasional, Helikopter ini akan bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia di bawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di wilayah perairan Lebanon.

Prosesi ini diawali dengan penyerahan Standart Certificate of Airworthiness dari Kapuslaik Baranahan Kemhan Laksma Tentara Nasional Indonesia Edy Sulistyadi, S.T., kepada PT. Dirgantara Indonesia (Persero) diwakili oleh Kadiv Helicopter Completion Center, Ahmad Taufik Junaedi dan diteruskan kepada Danpuspenerbal Laksamana Pertama Tentara Nasional Indonesia Dwika Tjahja S., S.H., selanjutnya dilaksanakan Pentahbisan dan Deregristasi helikopter AKS AS 565 MBe (S/N : 7036) menjadi HS-4207.

Dalam sambutannya, Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama Tentara Nasional Indonesia Dwika Tjahja S., S.H., memberikan bahwa pada pembangunan kekuatan Tentara Nasional Indonesia AL tahap kedua tahun 2015-2019, Penerbangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut secara sedikit demi sedikit terus membuatkan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alut Sista) pesawat udara untuk fungsi anti kapal selam (AKS), anti kapal permukaan (Akpa), Intai taktis, pendaratan lintas helikopter, kontribusi logistik cepat dan pesud latih.

Pesawat Helikopter ini tentunya mempunyai kemampuan paling canggih pada kelasnya,” tuturnya usai prosesi penyerahan tersebut.

Kebutuhan pesawat tersebut, lanjut Laksamana Pertama Dwika Tjahja, tentunya untuk menjawab bahaya yang mengganggu eksistensi keamanan dan kedaulatan yurisdiksi perairan nasional yang mempunyai nilai strategis baik untuk kepentingan pelayaran, perdagangan, komunikasi, perikanan, pertambangan dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis, tantangan kiprah ke depan yang dihadapi akan semakin kompleks dan sulit serta meliputi dimensi yang cukup luas, baik dalam bidang Operasi Militer Untuk Perang dan Operasi Militer Selain Perang.

Oleh sebab itu pesawat helikopter Panther AS 565 MBe HS-4207 ini akan diproyeksikan sebagai unsur udara untuk Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF) Tentara Nasional Indonesia Konga XXVIII-J/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) TA. 2017/ 2018 yang akan bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia dibawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di wilayah perairan Lebanon 26 Pebruari 2018.

Pesawat Helikopter ini akan kita terbangkan dari Indonesia dengan memakai pesawat cargo ke Lebanon. Karena, kapal sudah menunggu di sana,” pungkasnya.

   Koranmemo  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Wing Udara 1 Puspenerbal Tambah 1 Helikopter"

Post a Comment