Info!! [Dunia] Malaysia Cari Sumbangan Rusia Untuk Pemeliharaan Jet Tempur

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (kiri) ketika melaksanakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela lembaga ASEAN di Singapura, Selasa (13/11/2018). [Foto/Bernama] ★

M
alaysia sedang mencari sumbangan Rusia untuk pemeliharaan pesawat-pesawat jet tempur yang dibeli dari Moskow. Hal itu disampaikan Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

"Seperti yang Anda ketahui, kami telah membeli sejumlah pesawat Rusia dan saya pikir kami perlu berguru lebih banyak perihal cara memelihara dan memperbaiki pesawat," katanya ketika pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin hari Selasa, di sela-sela pertemuan puncak ke-33 ASEAN.

Kementerian Pertahanan Malaysia telah mengoperasikan jet tempur Sukhoi Su-30MKM dan MiG-29. Militer negara tersebut sebelumnya mengalami dilema terkait pemeliharaan dan layanan jet-jet tempurnya.

Menteri Pertahanan Mohamad Sabu sebelumnya menyampaikan bahwa hanya empat dari 18 jet tempur Sukhoi yang sanggup terbang dengan baik. Sedangkan sisanya sedang diperbaiki.

Malaysia dan Rusia berharap sanggup meningkatkan perdagangan antara kedua negara.

"Hubungan antara Rusia dan Malaysia telah berkembang dan kami telah melaksanakan dengan cukup baik," kata Putin.

Pemimpin Kremlin itu menambahkan bahwa kedua negara telah melihat peningkatan yang signifikan dalam perdagangan dalam delapan bulan pertama, adalah lebih dari 60 persen.

Masih banyak yang sanggup dilakukan dan saya pikir lebih banyak lagi yang sanggup dilakukan selama tahun-tahun sebelumnya. Saya sangat bahagia bertemu dengan Anda dan mempunyai kesempatan untuk berbicara, untuk mempunyai kesempatan dengan Anda," kata Putin kepada Mahathir melalui seorang penerjemah.

Sementara itu, Mahathir menyampaikan pertemuan akan menjadi platform untuk melihat hubungan dengan Rusia dan berharap untuk meningkatkan perdagangan antarnegara.

"Perdagangan kami cukup manis tetapi kami sanggup berbuat lebih baik," katanya, menyerupai dikutip dari Bernama, Rabu (14/11/2018). (mas)

  Sindonews  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! [Dunia] Malaysia Cari Sumbangan Rusia Untuk Pemeliharaan Jet Tempur"

Post a Comment