Info!! [Dunia] Soal Tentara Eropa, Jerman Dukung Prancis

Trump KesalIlustrasi [istimewa] ★

K
anselir Jerman Angela Merkel menyerukan pembentukan tentara Eropa di masa depan. Merkel juga menyerukan Dewan Keamanan Eropa untuk memusatkan kebijakan pertahanan dan keamanan di benua itu.

Seruan ini merupakan teguran yang terang kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menyebut tawaran yang didengungkan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, sangat menghina. Washington khawatir keberadaan tentara Eropa akan membayangi aliansi NATO.

"Apa yang benar-benar penting, jikalau kita melihat perkembangan tahun lalu, ialah bahwa kita harus bekerja pada visi satu hari membuat tentara Eropa yang aktual dan benar," kata Merkel pada sesi Parlemen Eropa, memicu tepuk tangan dan beberapa olok-olok.

Merkel menambahkan bahwa tawaran itu sanggup dijalankan secara paralel dengan kolaborasi trans-Atlantik dalam aliansi militer NATO. Namun Merkel menggarisbawahi bahwa hanya Eropa yang lebih berpengaruh yang akan membela Eropa.

"Eropa harus mengambil nasib kami ke tangan kami sendiri jikalau kami ingin melindungi komunitas kami,"ujarnya menyerupai dikutip dari AFP, Rabu (14/11/2018).>

Merkel juga mengatakan: "Saya akan mengusulkan pembentukan Dewan Keamanan Eropa dengan kepresidenan bergilir," tawaran yang beliau buat pertama kali trend panas kemudian tetapi gagal mendapat dukungan.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker menyampaikan pada hari Minggu bahwa setiap pasukan Eropa "akan harus sejajar dengan pasukan NATO" dan tidak akan menentang atau bersaing dengan pasukan AS.

Pekan lalu, Trump mengecam wangsit tentara Eropa yang dilontarkan Presiden Emmanuel Macron. "Sangat menghina, tapi mungkin Eropa pertama-tama harus membayar bab yang adil dari NATO, yang sangat disubsidi AS!" kata Trump dalam tweetnya. (ian)

  SINDOnews  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! [Dunia] Soal Tentara Eropa, Jerman Dukung Prancis"

Post a Comment