Info!! Malaysia Ingin Ada Kolaborasi Alutsista Di Asean

Pindad Komodo 4x4 APC with CMI CPWS Gen.2 Turret

Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu mengaku terkesan oleh pekan raya Indo Defence 2018 lalu. Sabu berharap kolaborasi pertahanan antara RI dengan Malaysia dapat terus berkembang.

"Saya tiba pas Indo Defence. Saya memang tertarik hati melihat perkembangan pertahanan di Indonesia, dan Malaysia juga punya industri pertahanan. Perlu ada kedua-duanya bekerja sama," kata Sabu kepada detikcom di tempat Legian, Kuta, Bali, Kamis (15/11/2018).

Sabu mengungkapkan kolaborasi pertahanan ini merupakan salah satu buah dari pertemuan antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Mahathir Mohamad. Dia menambahkan pentingnya desain khusus alutsista untuk mempersenjatai militer suatu negara.

"Kadang-kadang pertahanan kita boleh buat sesuatu, tapi untuk tentara kita pakai, selebihnya nggak dipasarkan. Itu perbincangan antara dua hal di ASEAN perlu diperbincangkan," ujarnya.

Dia berharap negara-negara ASEAN juga dapat sanggup bangun diatas kaki sendiri dan tak perlu mengimpor alutsista dari negara Barat. Sabu ingin ke depan ada kolaborasi alutsista antarnegara di ASEAN.

"Kita tidak mau negara menjadi pengimpor semata-mata jika kita boleh buat sendiri kapal-kapal ronda (patroli), kapal perang, dan sebagainya. Bukan kita mau perang, tapi dibentuk bentuk ronda boleh dibentuk Indonesia atau Malaysia. So ini kolaborasi pemerintahan, daripada kita beli di negara luar, jika ada pertukaran uang pun cuma di kalangan negara ASEAN," harapnya. (ams/erd)
 

  detik  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Malaysia Ingin Ada Kolaborasi Alutsista Di Asean"

Post a Comment