Info!! ♞ Jip Tempur Untuk Kopassus Dan Paskhas Diproduksi Di Tangerang

INDO DEFENSE 2018P6 ATAV yaitu kendaraan untuk militer Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat dan Korps Pasukan Khas (Paskhas) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Kendaraan P6 ATAV masih abnormal terdengar di pendengaran masyarakat. P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle) yaitu kendaraan untuk prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat dan Korps Pasukan Khas (Paskhas) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara.

Selain menjadi kendaraan andalan prajurit Kopassus dan Paskas, kendaraan taktis ini sempat dipakai oleh Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan acara.

P6 ATAV diproduksi oleh Sentra Surya Ekajaya (SSE), produsen kendaraan taktis di Tanah Air yang berbasis di Tangerang, Banten.

 ATAV yaitu kendaraan untuk militer Komando Pasukan Khusus  INFO!! ♞ Jip Tempur untuk Kopassus dan Paskhas Diproduksi di TangerangPerlengkapan senjata untuk memperkuat prajurit Tentara Nasional Indonesia di medan tempur. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

"Penggunanya masih dari Kopassus dan Paskhas. Sampai kini kami sudah produksi 20 unit," kata Staf Operasional SSE Eko Joko Saputro di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (7/11).

Ia menjelaskan sebagai kendaraan taktis, P6 ATAV dirancang untuk dikendarai pada segala medan terutama untuk menyusuri jalur ekstrem.

Kendaraan ini dibekali mesin diesel 2.500 cc empat slinder yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 142 tenaga kuda dengan transmisi otomatis enam percepatan. Tangki bensin sanggup menampung 120 liter yang sanggup dipakai untuk menjelajah sejauh 500 kilometer.

Namun, konsumen sanggup menentukan jantung aktivis yang diinginkan, mau jenis bensin atau diesel sesuai kebutuhan.

"Untuk mesin kami tergantung user, ada yang dari Jepang dan Austria dari Steyr," katanya. P6 ATAV dirancang untuk dikendarai pada segala medan terutama untuk menyusuri jalur ekstrem.

 ATAV yaitu kendaraan untuk militer Komando Pasukan Khusus  INFO!! ♞ Jip Tempur untuk Kopassus dan Paskhas Diproduksi di TangerangP6 ATAV dirancang untuk dikendarai pada segala medan terutama untuk menyusuri jalur ekstrem. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

P6-ATAV punya dimensi lebar dan lebar sekilas seolah-olah jip Humvee yang dipakai angkatan bersenjata Amerika Serikat. Dimensinya mempunyai panjang 4,6 m, lebar 2,3 m dan tinggi 1,5 m.

Penghuni kabin dilindungi rangka tubular, sementara bab samping tidak dilengkapi pintu dan kaca. Guna meningkatkan keamanan prajurit, insinyur melengkapi bab depan dengan beling antipeluru.

"Jadi kendaraan beroda empat ini sanggup dibawa dengan cara ditarik pakai tali sling. Kami sudah buat kaitannya ada empat titik. Lalu kendaraan beroda empat ini juga tidak akan rusak kalau ingin didrop pribadi dari atas pesawat Hercules," ucap Program Manager SSE Budhi Murniawan.

Selain itu ada empat sisi yang sanggup dipakai sebagai dudukan senapan serbu. Pihaknya menyediakan dudukan persenjataan pada sisi atas, kanan dan kiri. Misalnya di bab atap senapan serbu dengan peluru kaliber 7,62 mm sanggup dipasang di bab itu.

Mobil tersebut juga sudah memakai ban berjenis run flat tire, yang menciptakan kendaraan beroda empat masih sanggup bergerak meski kondisi ban kempis. Disinggung soal harga, pihak SSE enggan menyebutkan berapa banderolnya. Dikatakan Budhi, harga yang ditawarkan sangat sesuai kalau melihat spesifikasi yang ditawarkan. (ryh/mik)

  CNN  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! ♞ Jip Tempur Untuk Kopassus Dan Paskhas Diproduksi Di Tangerang"

Post a Comment