Info!! Kekuatan Militer Jadi Unsur Penting Dalam Revolusi Industri

♞ Revolusi industri 3.0 masiih berlangsung hingga sekarang. Medium Tank Pindad [def.pk]

Kekuatan militer merupakan salah satu unsur penting bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi perkembangan tatanan dunia baru, yang diwarnai dengan kurun revolusi industri 4.0. Itu sebab kekuatan militer terkait dengan permasalahan teknologi.

"Tentunya kekuatan militer menjadi salah satu unsur penting sebab permasalahan teknologi telah merubah seluruh tatanan taktik militer maupun Polri," terang Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto dalam keterangan persnya belum usang ini.

Hal itu Hadi katakan di hadapan para taruna-taruni tingkat tiga pada program makan siang bersama dalam rangka Reuni TNI-Polri Angkatan 1986 di Akademi Militer Magelang (Akmil), Jawa Tengah. Hadi menyebutkan, apa yang beliau katakan itu merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh para taruna-taruni Akmil masa kini.

Panglima Tentara Nasional Indonesia menyampaikan, kehadiran para Perwira TNI-Polri Angkatan 1986 di Akmil Magelang selain melakukan reuni, juga ingin menyebarkan pengetahuan mengenai banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh para Taruna-Taruni di masa mendatang.

Tantangan yang kami hadapi di masa berbakti kami yaitu Revolusi Industri 3.0 yang masih berlangsung hingga sekarang," ujarnya.

Ia menambahkan, kehadiran Perwira TNI-Polri Angkatan 1986 juga dalam rangka mempersiapkan para Taruna-Taruni untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, termasuk tantangan geopolitik dimasa mendatang. "Hal ini dapat dihadapi apabila para Perwira TNI-Polri terus bersinergi satu dengan yang lain," tuturnya.

Di sisi lain, Panglima Tentara Nasional Indonesia menyampaikan, Indonesia termasuk dalam wilayah Indo Pasifik, sehingga mempunyai peluang dan tantangan untuk menghadapi perubahan geopolitik. Karena itu, Indonesia perlu menjalin kolaborasi dengan negara lain baik kekerabatan bilateral maupun multilateral.

"Poin yang perlu dibangun Indonesia melalui aktivitas bilateral maupun multilateral, yaitu sharing informasi dengan negara lain, membangun kapasitas dan doktrin dengan negara lain dan membangun interoperabilty kolaborasi dengan negara lain,” kata Panglima TNI.

  Republika  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Kekuatan Militer Jadi Unsur Penting Dalam Revolusi Industri"

Post a Comment