Info!! Mendag Tak Akan Jual Materi Mentah Untuk Beli Sukhoi

✈️ Su-35 [Maxim Khusainov]

Indonesia telah menandatangani kontrak pembelian 11 pesawat tempur asal Rusia dengan denah imbal dagang. Setelah ditandatanganinya kontrak tersebut, maka sebagai bentuk imbal dagang, Rusia juga akan membeli komoditas asal Indonesia senilai 570 juta dolar AS.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, dalam melaksanakan imbal beli tersebut, pemerintah memprioritaskan produk yang mempunyai nilai tambah. Ia tak mau Indonesia hanya mengekspor komoditas mentah yang harganya murah.

"Misalnya karet, aku tidak mau jual karet mentah. CPO boleh, tapi derivatifnya. Kopi juga harus yang sudah diproses," ujar Mendag, dikala ditemui wartawan di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (21/2).

Ia memandang, seruan semoga Rusia membeli komoditas yang mempunyai nilai tambah cukup adil. Sebab, Indonesia juga tidak membeli onderdil pesawat dari Negeri Beruang Merah tersebut. "Kita beli pesawat terbang utuh."

Saat ini, pemerintah sedang dalam tahap mempersiapkan pelaksanaan kontrak imbal dagang tersebut. Indonesia akan memperlihatkan daftar panjang komoditas yang dimiliki. Kemudian, Rusia akan menentukan komoditas apa saja yang mereka butuhkan.

Ini merupakan pengalaman pertama bagi Indonesia melaksanakan imbal dagang. Pemerintah menargetkan, semua proses tersebut akan final dalam bulan ini.

  ✈️ Republika  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Mendag Tak Akan Jual Materi Mentah Untuk Beli Sukhoi"

Post a Comment