Info!! [Teror] Pesawat Trigana Ditembak Di Papua

⚓️ Pilot Terluka Polda Papua menyatakan pilot Kapten Ahmad Abdillah Kamil tertembak di potongan punggung, dan sudah menerima penanganan medis. [Bill Abbott/Flickr]

Penembakan oleh orang tak dikenal kembali terjadi di Papua. Kali ini sasarannya yaitu pesawat bermesin ganda baling-baling Twin Otter milik maskapai Trigana ketika berada di Bandara Keneyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Komisaris Besar A.M. Kamal menyampaikan kejadian itu terjadi pada pukul 10.00 WIT. Dia menjelaskan pesawat dengan isyarat penerbangan PK-YRU itu terbang dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dan mendarat di Bandara Keneyam pukul 09.40 WIT.

Penembakan terjadi ketika pesawat tengah menuju lokasi parkir (taxi out) dari landasan. Dalam kejadian itu, pilot Kapten Ahmad Abdillah Kamil tertembak di potongan punggung.

"Korbannya pilot pesawat. Sudah menerima penanganan medis. Diperkirakan pesawat dihujani tembakan dari arah kiri pesawat sebab korban luka tembak merupakan pilot yang duduk di sebelah kiri pesawat," kata Kamal sebagaimana dilansir Antara, Senin (25/6).

Kepala Trigana Jayapura, Toro menyampaikan salah satu awak pesawat nahas itu mengalami luka. Saat ini administrasi belum sanggup memastikan kondisi pilot sebab saluran komunikasi yang terbatas. Bahkan menurutnya sempat terjadi baku tembak beberapa saat, sebelum abdnegara mengejar pelaku.

Toro menyatakan dari data manifes, pesawat itu diawaki seorang pilot dan ko-pilot, serta mengangkut 18 penumpang anggota Brimob. Mereka dikirim buat bertugas mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerah itu.

Kamal menyatakan ketika ini abdnegara Polisi Republik Indonesia dibantu Tentara Nasional Indonesia masih berupaya mengejar pelaku penembakan.

Penembakan terhadap pesawat juga terjadi pada Jumat (22/6) pekan lalu. Pesawat Twin Otter milik maskapai Demonim ditembak ketika hendak mendarat di Bandara Kenyam. Akibat kejadian itu, ko-pilot Irene Nur Farida mengalami luka di pergelangan kaki kanan akhir terkena serpihan peluru.

Peristiwa penembakan juga kerap menyasar patroli abdnegara keamanan dan angkutan karyawan perusahaan tambang Freeport di Papua. Aksi itu diduga dilakukan oleh kelompok sempalan atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, yang merupakan sayap militer Organisasi Papua Merdeka. (Antara/pmg)

  ⚓️ CNN  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! [Teror] Pesawat Trigana Ditembak Di Papua"

Post a Comment