Info!! Tim Vbss Laf Navy Latihan Bersama Di Kri Usman Harun-359

J UNIFIL laksanakan latihan Boardex dengan tim VBSS LAF Navy  INFO!! Tim VBSS Laf Navy Latihan Bersama di KRI Usman Harun-359Latihan bersama di KRI Usman Harun-359 ☆

Satgas MTF Tentara Nasional Indonesia Konga XXVIII-J UNIFIL laksanakan latihan Boardex dengan tim VBSS LAF Navy (Lebanon Armed Force Navy). Latihan ini dilaksanakan pada hari Kamis (01/02) di KRI Usman Harun-359 yang sedang berlayar di maritim Mediterania.

Dalam skenario, KRI Usman Harun-359 sebagai kapal yang berjulukan MV Black Pearl. ABK KRI Usman Harun-359 yang memakai baju sipil memerankan sebagai kapten dan kru kapal MV Black. Tim VBSS LAF Navy menerima laporan dari Coastal Radar Station (CRS) L2-Aamchit bahwa kontak kapal berjulukan MV Black Pearl yang menuju pelabuhan Jounieh dengan tidak melewati koridor yang telah ditentukan oleh otoritas Lebanon, tidak terdapat di dalam daftar kapal yang akan masuk ke Lebanon dan memperlihatkan keterangan yang meragukan.

Karena hal-hal ini mecurigakan, LAF-Navy menindaklajuti hal tersebut dengan meminta MV Black Pearl untuk stop mesin dan mengirimkan tim VBSS dengan memakai heli jenis Puma milik LAF Air Force.

Heli Puma mendekat geladak kapal sasaran dan kemudian 10 personil VBSS turun dengan metode fastrope dan berhasil mendarat di geladak heli KRI Usman Harun-359. Tim VBSS LAF Navy pribadi bergerak menuju anjungan melalui geladak exocet. Sesampainya di anjungan, tim VBSS LAF Navy segera mengamankan Kapten dan dua kru kapal serta melakukan investigasi terhadap dokumen kapal dan penggeledahan di anjungan. Penggeladahan di anjungan tidak membuahkan hasil, tim VBSS kemudian menyusuri koridor utama KRI. Tim VBSS menemukan dua ABK membawa senjata tajam di koridor utama. Setelah berhasil mengamankan dua ABK tersebut membawanya ke anjungan untuk digabungkan dengan ABK yang lain, tim VBSS melanjutkan pencarian dan berhasil menemukan sebuah kotak berisi amunisi ilegal. Selama latihan dalam waktu 1 jam, tim VBSS sanggup mengamankan satu dari dua barang ilegal yang berada di kapal sasaran (KRI USH).

Selesai latihan, komandan tim VBSS LAF Navy Lieutenant Ellie el Sayah memerintahkan seluruh anggotanya berkumpul di anjungan untuk melakukan debrief dari tim Penilai adalah LCDR Arne Pfingst (CTG 448.03 N7-Jerman) dan Letnan dua Laut (P) Damartama (Boarding Officer KRI USH).

Selesai debrief dari tim penilai, seluruh tim VBSS, tim penilai dan tim pendamping dari LAF-Navy menikmati hidangan tradisional yang sudah disiapkan dan menghilangkan ketegangan diantara tim VBSS dan ABK KRI yang bermain sebagai ABK kapal target. Sebelum meninggalkan KRI USH, seluruh pihak yang terlibat melakukan foto bersama Komandan Satgas MTF Tentara Nasional Indonesia Konga XXVIII-J UNIFIL di geladak heli.

Komandan KRI Usman Harun-359 yang sekaligus Komandan Satgas MTF Tentara Nasional Indonesia Konga XXVIII-J UNIFIL Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H. M.Si, mengapresiasi aktivitas ini, merupakan salah satu kiprah pokok dari MTF UNIFIL yakni meningkatkan kemampuan pasukan LAF-Navy mengamankan maritim teritorialnya dalam rangka pencegahan masuknya senjata dan barang-barang terkait lainnya untuk masuk ke Lebanon melalui maritim secara ilegal.

Kepala Departemen Operasi Satgas MTF Tentara Nasional Indonesia Konga XXVIII-J UNIFIL, Mayor Laut (P) Ainul Muslimin, M.Tr.Hanla juga menambahkan latihan ini bertujuan meningkatkan interoperability CRS dan kecepatan reaksi dari tim VBSS LAF-Navy terutama pengerahan pasukan melalui udara dengan metode fastrope dari heli puma milik LAF Airforce. (pen-Satgas MTF TNI/sir)

  Poskota  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Tim Vbss Laf Navy Latihan Bersama Di Kri Usman Harun-359"

Post a Comment