Info!! Tni Al Bakal Ganti Kapal Patroli Produksi 90-An

TNI AL akan mengganti kapal patroli yang materi dasarnya dari fiberglass  INFO!! Tentara Nasional Indonesia AL Bakal Ganti Kapal Patroli Produksi 90-anTNI AL akan mengganti kapal patroli yang materi dasarnya dari fiberglass [Wiki] ☆

Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi menyampaikan pihaknya akan mengganti sejumlah kapal patroli yang mempunyai materi dari serat karbon atau fiberglass produksi dekade 90-an, pada tahun ini.

"Kami akan mengganti kapal-kapal [berbahan] fiberglass yang pengadaan tahun 90-an," kata Ade di Mabes Tentara Nasional Indonesia Cilangkap, Rabu (14/3).

Ade beralasan kapal patroli serat karbon tersebut telah rentan terhadap gempuran ombak. Kapal patroli penggantinya akan mempunyai materi alumunium, besi, atau baja. "Sehingga dapat tahan lama," imbuh dia.

Terkait sasaran kepemilikan 151 kapal dalam kekuatan pokok minimal Tentara Nasional Indonesia AL pada 2024 mendatang, Ade mengaku pihaknya akan mengikuti ketersediaan anggaran. Menurutnya, Tentara Nasional Indonesia AL memang membutuhkan sejumlah kapal gres untuk mengganti armada-armada yang telah berusia tua.

Namun, pihaknya akan mengambil opsi pemeliharaan jikalau hingga 2024 anggaran bagi Tentara Nasional Indonesia AL tidak dapat memenuhi sasaran itu.

"Agar sisi jumlah tidak berkurang, tapi juga tetap namanya kelaikan tetap kita jalankan," jelasnya.

Berdasarkan dinamika perkembangan ketika ini, Ade menyampaikan ada sejumlah jenis kapal yang diperlukan Tentara Nasional Indonesia AL. Yakni, kapal selam, kapal patroli, kapal fregat, kapal penangkap ranjau, hingga kapal amphibi.

"Ada nomenklatur kebutuhan jenis kapal itu di angkatan jadi bukan hanya satu," tutup dia.

Sebelumnya, terjadi dua kecelakaan alutsista. Pertama, tank M113A1 milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat karam di Sungai Bogowonoto, Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (10/3). Dua orang meninggal atas insiden itu.

Tank batalion Yonif 412/BES itu mengangkut 20 anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Sindurjan, Kecamatan Purworejo yang sedang mengikuti acara outbond.

Kedua, Kapal Motor Cepat (KMC) AD-16-05 milik Kodam Jaya karam di perairan Kepulauan Seribu, Senin (12/3).

Kapal tersebut sedang mengangkut 65 personel Kodam Jaya yang akan berangkat ke Pulau Pramuka dalam rangka acara bakti sosial.

  CNN  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Tni Al Bakal Ganti Kapal Patroli Produksi 90-An"

Post a Comment