Info!! Tni Manfaatkan Satelit Brisat Sebagai Jalur Komunikasi

Di Daerah 3TBRISat

Jaringan satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, BRIsat, dimanfaatkan oleh Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia sebagai jalur komunikasi dengan pangkalan udara yang terletak di tempat 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar). Peluncuran uji coba pemanfaatan jaringan BRIsat dilaksanakan di Mabes Tentara Nasional Indonesia Cilangkap, Selasa (6/3).

Acara tersebut bertepatan dengan diselenggarakannya video conference antara Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto dengan Landasan Udara Tarakan, Kalimantan Utara, serta Landasan Udara Ranai, Pulau Natuna. Acara dihadiri Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian dan Direktur Utama BRI Suprajarto.

Suprajarto menyatakan besar hati sebab BRIsat mempunyai andil tidak hanya pada sektor perekonomian. Melainkan juga mempunyai tugas dalam menjaga kedaulatan bangsa. “Ini sesuai dengan visi kami ketika menggagas inspirasi mempunyai satelit, dimana pemanfaatannya tidak hanya dipakai oleh Bank BRI namun dipakai untuk kepentingan negara,” ujar Suprajarto melalui siaran pers.

Pada pertengahan Juni 2017, BRI telah menyerahkan pemanfaatan 4 slot transponder BRIsat kepada lima Kementerian dan Lembaga Negara Indonesia. Kementerian dan Lembaga Negara tersebut di antaranya Kepolisian Negara RI, Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, Badan Intelijen Negara RI, Badan Keamanan Laut dan Kementerian Keuangan RI. Di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI sebagai regulator di bidang telekomunikasi, BRI menunjukkan 4 transponder BRIsat yang terdiri dari dua transponder C-band dan dua transponder Ku-band, masing masing setara 36 MHz kepada Kementerian dan Lembaga Negara tersebut.

Selain itu, BRIsat juga telah dimanfaatkan oleh BRI untuk menyediakan jaringan komunikasi bagi biro BRILink di tempat pedalaman Papua. Sehingga bisa mendukung kebijakan BBM Satu Harga yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

   Republika  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Tni Manfaatkan Satelit Brisat Sebagai Jalur Komunikasi"

Post a Comment