Info!! Wiranto Pastikan Ri-Rusia Setuju Tukar Barang Sukhoi Dengan Komoditas

 dan Keamanan Wiranto memastikan bahwa RI telah sepakat dengan Rusia terkait imbal beli at INFO!! Wiranto Pastikan RI-Rusia Sepakat Barter Sukhoi dengan KomoditasSU35 Russia [Maxim Khusainov]

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memastikan bahwa RI telah sepakat dengan Rusia terkait imbal beli atau tukar barang pesawat tempur Sukhoi dengan komoditas Indonesia.

"Sudah (sepakat dan sudah ditandatangani)," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Harga pembelian 11 Sukhoi Su-35 dari Rusia mencapai 1,14 milar dollar AS atau Rp 15,3 triliun dengan kurs 1 dollar AS sama dengan Rp 13.500.

Nantinya, setengah harga pembelian pesawat tempur Sukhoi itu akan dilakukan dengan denah imbal beli komoditas Indonesia.

Kementerian Perdagangan menyatakan, Indonesia sudah menyiapkan komoditas ke Rusia senilai 570 juta dollar AS atau Rp 7,69 triliun.

Meski sudah disetujui Rusia, Wiranto menyampaikan bahwa Kemenko Polhukam tidak membahas lebih rinci terkiat dengan komitmen imbal beli Sukhoi dengan komoditas asal Indonesia itu.

"Nanti itu kan urusan KKIP (Komite Kebijakan Industri Pertahanan)," kata Wiranto.

Saat ditanya soal bahaya embargo oleh Amerika Serikat (AS) kepada Indonesia alasannya pembelian Sukhoi, Wiranto tidak mau membahasnya.

"Sudah tanda tangan kok ditanyakan lagi," kata dia, sebelum masuk ke kendaraan beroda empat dinasnya dan pergi meninggalkan awak media.

  Kompas  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Wiranto Pastikan Ri-Rusia Setuju Tukar Barang Sukhoi Dengan Komoditas"

Post a Comment