Info!! Bandara Sebatik Akan Menjadi Pangkalan Udara

✈️ Pesawat Tentara Nasional Indonesia AU [TNI AU]

Keinginan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara supaya Pulau Sebatik mempunyai bandara udara tersendiri harus tersendat.

Andi Nasuha, Kepala Bidang Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Kalimantan Utara, mengemukakan, planning pendirian bandara di salah satu pulau terluar NKRI tersebut belum masuk dalam proyek strategis nasional.

Dalam Musrenbangnas Regional Kalimantan di Jakarta final April lalu, keberadaan bandara di Sebatik dianggap masih kurang relevan dengan kebutuhan. Alasannya Pulau Sebatik berdekatan dengan bandara pulau lainnya menyerupai Bandara Nunukan.

Padahal dalam Lampiran Perpres Nomor 3 Tahun 2016 perihal Percepatan Pelaksanaan Proyek Staretegis Nasional, Sebatik tercantum sebagai salah satu tempat di Tanah Air yang bakal kebagian proyek revitalisasi bandara bersama Sentani (Jayapura), Juwata (Tarakan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), S Babullah (Ternate), Raden Inten II (Lampung), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Mutiara (Palu), Matahora (Wakatobi), HAS Hanandjoedin (Pangkal Pinang), dan Labuan Bajo (Pulau Komodo/NTT).

Alasannya berdasarkan isu dari Bappeda alasannya yaitu berdekatan dengan bandara Nunukan,” kata Andi, kepada Tribun Kaltim pada Kamis (18/5/2017).

Penyusunan dokumen perencanaan berupa studi kelaikan pembangunan bandara diklaim Andi sudah dituntaskan. Bahkan audit BPKP juga telah dilalui.

Namun, diungkapkan Andi, planning pembangunan bandara komersil di Sebatik, Kabupaten Nunukan, akan dialihkan menjadi Pangkalan Udara Militer atau Lanud.

Iya informasinya di tingkat sentra kini direncanakan untuk menjadi Lanud. Tetapi aku belum tahu prosesnya hingga di mana,” sambung Andi.

Rencana pendirian bandara di Sebatik dilatarbelakangi alasannya yaitu pulau tersebut merupakan pulau terluar menyerupai halnya Natuna di Kepulauan Riau.

Kemudian Pulau Sebatik bertetangga denganm Tawau-Malaysia. Muncul planning Sebatik menjadi kota yang otonom, termasuk potensi pertahanan keamanan yang strategis.

Waktu itu kami sudah melaksanakan survei di empat titik di sana. Dan sudah kami masukkan usulannya ke Kementerian Perhubungan. Kita memang harus proaktif supaya sentra mau mendanai. Artinya dibentuk dulu perencanaannya. Tetapi kini dikeluarkan lagi dari proyek strategis nasional. Kalau kami tergantung kebijakan pemerintah (pusat) saja. Yang terperinci kami telah mendorong dan buat perencanaan,” tutur dia.

Konfirmasi terakhirnya kepada tim Kementerian Perhubungan, dokumen studi kelaikan yang dibentuk sebelumnya kembali diminta oleh kementerian tersebut.

Andi belum dapat memastikan apakah usul dokumen tersebut akan berdampak pada keberlangsungan pembangunan bandar udara Sebatik atau sebaliknya untuk keperluan pendirian Pangkalan Udara Militer. “Kami masih tunggu perkembangan lebih lanjut,” kata Andi.

  ✈️ Tribunnews  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Bandara Sebatik Akan Menjadi Pangkalan Udara"

Post a Comment