Info!! [Dunia] Kalau Filipina Ngotot Ngebor Di Maritim China Selatan

Beijing Ancam Perang [Reuters] ★

D
alam sebuah pidato di depan pasukan penjaga pantai, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengungkapkan bahwa China akan mengumumkan perang bila Filipina tetap mengklaim kepemilikan bab wilayah sengketa di Laut China Selatan. Duterte mengatakan, hal itu disampaikan Presiden China Xi Jinping ketika keduanya bertemu di Beijing awal pekan ini.

Duterte menyampaikan Manila ingin melaksanakan pengeboran minyak di wilayah Laut China Selatan, kemungkinan di Reed Bank di mana sebuah perusahaan Filipina telah melaksanakan pekerjaan eksplorasi.

Jika itu milik China, itu pandangan Anda. Tetapi dalam pandangan saya, aku sanggup melaksanakan pengeboran minyak, bila ada sesuatu di perut bumi, alasannya itu milik saya. Jawaban dari Xi ialah ‘Kita teman. Kami tidak ingin berseteru dengan Anda. Tetapi bila Anda tetap memaksakan informasi itu, kita akan berperang’. Apa lagi yang sanggup aku katakan?” ujar Duterte dalam pidatonya sebagaimana dikutip dari Straits Times, Sabtu (20/5/2017).

Duterte menjelakan bahwa Xi juga menyampaikan akan mengumumkan perang bila negara-negara lain yang bersengketa dengan Beijing wilayah di Laut China Selatan semakin ngotot dan tegas dalam klaim mereka, menyerupai Vietnam.

Pidato Duterte itu disampaikan di hari yang sama dengan dimulainya sesi pertama proses konsultasi antara China dan Filipina terkait informasi Laut China Selatan. (dka)

  Okezone  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! [Dunia] Kalau Filipina Ngotot Ngebor Di Maritim China Selatan"

Post a Comment