Info!! [Dunia] Koalisi Pimpinan As Akui Gunakan Bom Fosfor Di Mosul

Selandia Baru, sebagai anggota koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi koalisi telah memakai amunisi yang dilengkapi dengan fosfor putih dalam serangan di Mosul. [Foto/Istimewa]

Selandia Baru, sebagai anggota koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi koalisi telah memakai amunisi yang dilengkapi dengan fosfor putih dalam serangan di Mosul. Pernyataan ini tiba di tengah meningkatnya kritik atas penggunaan senjata serbaguna, yang sanggup sangat berbahaya bagi warga sipil.

"Kami telah memakai fosfor putih di Mosul barat untuk menciptakan warga sipil keluar dengan aman," kata Brigadir Jenderal Hugh McAslan dalam sebuah pernyataan, ibarat dilansir Russia Today pada Rabu (14/6).

Konfirmasi tersebut muncul dikala Human Rights Watch (HRW) mengkritik koalisi tersebut alasannya yakni mengerahkan jenis amunisi yang kontroversial dalam perang melawan ISIS.

"Tidak peduli bagaiman fosfor putih digunakan, ini menyebabkan risiko tinggi akan ancaman mengerikan dan usang di kota-kota ramai ibarat Raqqa dan Mosul dan daerah-daerah lain dengan konsentrasi penduduk sipil," kata Direktur urusan senjata HRW, Steve Goose.

"Pasukan pimpinan AS harus melaksanakan semua tindakan pencegahan yang layak untuk meminimalkan ancaman sipil dikala memakai fosfor putih di Irak dan Suriah," sambungnya.

Fosfor putih terbakar dikala bersentuhan dengan oksigen, menghasilkan panas dengan suhu tinggi dan asap putih. Amunisi dengan materi kimia sanggup dipakai sebagai senjata pembakar, untuk menciptakan layar asap, atau sebagai sinyal. (esn)

  Sindonews  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! [Dunia] Koalisi Pimpinan As Akui Gunakan Bom Fosfor Di Mosul"

Post a Comment