Info!! Kemenangan Tni Berdampak Besar

Aksi Kontingen Indonesia pada ajang AASAM  INFO!! Kemenangan Tentara Nasional Indonesia Berdampak BesarAksi Kontingen Indonesia pada ajang AASAM 2017

Pasukan Tentara Nasional Indonesia kembali menorehkan prestasi di dunia internasional. Prajurit dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat menjadi juara umum dalam Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 2017 di Australia, Mei 2017.

Kemenangan tersebut tak hanya menjadi pujian buat TNI. Tapi juga buat PT Pindad. BUMN yang mengkhususkan diri dalam industri teknologi pertahanan ini secara tak eksklusif terlibat dalam kemenangan TNI.

Ini alasannya senjata yang dipakai prajurit Tentara Nasional Indonesia merupakan bikinan Pindad. “Makanya, aku berterima kasih ke TNI,” ujar Direktur Utama PT Abraham Mose.

Abraham, yang belum genap setahun menggantikan Silmy Karim, menilai kemenangan Tentara Nasional Indonesia ini melempangkan jalan buat Pindad menguasai bisnis teknologi pertahanan. Bagi Abraham, sasaran ini bukan sesuatu yang tidak mungkin dicapai.

Pertengahan Juni 2017, Abraham mendapatkan kunjungan Liputan6.com di kantor PT Pindad, tempat Kiara Condong, Kota Bandung, Jawa Barat.

 Produk Utama Pindad 
Aksi Kontingen Indonesia pada ajang AASAM  INFO!! Kemenangan Tentara Nasional Indonesia Berdampak Besar[Ikahan]

 TNI menang di AASAM 2017 dan mereka memakai senjata Pindad. Apa pengaruhnya?

Prajurit kita memakai senjata dan pistol dari Pindad. Ini yang ke-10 kalinya, Indonesia memenangkan turnamen ini. Ini secara tidak eksklusif menjadi seni administrasi mengenalkan produk Pindad keluar negeri. Sebab, sehabis itu, negara itu (saingan Tentara Nasional Indonesia di AASAM 2017, red.) tiba ke Pindad.

 Berarti berdampak besar?

Dampaknya sangat besar, makanya aku berterima kasih ke TNI. Ini jadi seni administrasi kami, spread the wing untuk menguasai pasar di bidang industri pertahanan.

 Apa sih produk terlaris dari Pindad?

Yang terlaris itu amunisi. Kemudian senjata dan pistol. Tapi kalau bicara produk paling laris, sudah niscaya SS2 dan SS1.

 Kenapa bisa laris?

Kalau bicara teknologi, kurang lebih sama. Kalau bicara material, ketika ini kita juga masih beli material dari luar negeri. Mungkin dari sisi desain.

 Desainnya bagaimana?

Karakteristiknya kami sesuaikan dengan karakteristik pengguna dan iklim di Indonesia. Kami selalu berdiskusi dengan pengguna, dalam hal ini TNI. Mereka yang tahu karakteristik yang mereka butuhkan untuk bertempur.

 Apakah ada produk Pindad, tapi tidak dibentuk negara lain?

Banyak. Panser dan tank untuk gurun.

 Itu kan bukan spesifikasi utama Pindad?

Spesifikasi kami tidak ke arah sana, tapi bukan berarti kita tidak bisa. Saat ini, kami penemuan atas seruan mereka.

 Cuma untuk gurun?

Ada tank boat. Itu produk Pindad yang khusus dipakai di tempat perairan Indonesia.

 Tank boat bisa dimodifikasi juga?

Ada seruan dari Timur tengah untuk bekerja sama membuatkan produk tank boat. Tentunya menyesuaikan karakteristik negara di sana.

 Target Utama Pindad 
Aksi Kontingen Indonesia pada ajang AASAM  INFO!! Kemenangan Tentara Nasional Indonesia Berdampak BesarKaplan MT [FNSS]

 Dengan kata lain, kemenangan ini jadi cara Pindad untuk menguasai bisnis teknologi militer?

Kami berpatokan ke visi Pindad. Di 2023, kami menjadi industri yang unggul dan industri yang terbesar di Asia dalam bidang industri pertahanan.

 Memang mungkin?

Ini sangat mungkin. Kalau kita berbicara Pindad, perusahaan ini ada semenjak 1808. Kaprikornus kalau bicara penguasaan teknologi, bicara profesionalisme, bicara keahlian untuk memproduksi senjata, rasanya dengan waktu yang panjang itu kita sudah kuasai.

 Sejauh ini Pindad sudah cukup menguasai industri pertahanan?

Tidak serta merta. Kami harus punya strategi. Strateginya ialah dengan melaksanakan dua pendekatan. Pertama, terus berinovasi secara internal. Sisi lain seni administrasi kita ialah melaksanakan perluasan pasar, dengan melaksanakan strategic partnership.

 Inovasinya dengan menghasilkan produk baru?

Ini sudah menjadi KPI kami sebagai BUMN. Minimal dua produk inovatif yang harus kita luncurkan. Tahun ini kami punya rencana (produk baru) di bawah 10 produk

 Apa saja produk gres Pindad?

Di Industri pertahanan kita akan launching produk gres kita, yang disebut senjata serbu bawah air, sniper yang baru, kemudian ada pistol. Kalau pistol dan senjata mungkin ada empat atau lima buah. Kaprikornus kurang lebih ada sembilan produk inovatif.

Kalau untuk bidang industrial, produk-produk Alsintani, yang kemarin di Aceh dalam pameran pertanian.

 Kalau bicara peminat, siapa peminat Pindad?

Kalau berminat yang membeli produk Pindad sudah banyak. Dari Timur Tengah, Eropa, kemudian dari Australia, dan lain-lain. Tentunya, kami tetap melihat, bagaimana regulasi. Kami juga harus mengutamakan keunggulan dalam negeri.

 Pasar Produk Pindad 
Aksi Kontingen Indonesia pada ajang AASAM  INFO!! Kemenangan Tentara Nasional Indonesia Berdampak BesarKendaraan pertanian produksi PT Pindad [def.pk]

 Memang sasaran market-nya ke mana saja?

Saat ini, market yang menjadi sasaran ialah Timur Tengah, sebagian dari Asia Tenggara. Itu sudah ada beberapa kontak. Mudah-mudahan tahun ini juga akan punya kontrak untuk ekspor amunisi ke beberapa negara di Asia Tenggara dan Timur tengah.

 Pasti ada saingan?

Ada. Tapi kami punya strategi. Karena industri pertahanan itu segmen tersendiri. Hanya beberapa industri pertahanan yang punya kemampuan unggul.

Sehingga kami menentukan melaksanakan strategic partnership dengan beberapa negara dan vendor yang unggul.

 Yang jadi partner?

Mereka tahu Indonesia punya kemampuan. Karena kami juga butuh beberapa material dari mereka, butuh teknologi materi dari mereka.

 Konkretnya menyerupai apa?

Misalnya konsep joint marketing dan joint production. Itu sudah berjalan. Salah satunya dalam waktu akrab kami akan kolaborasi membangun munisi di Turen (Malang).

 Selain itu?

Kami akan kerja sama, mungkin senjatanya merek Pindad dan kami bisa menjual produk itu di luar.

 Negara mana saja yang mau kerja sama?

Beberapa negara di tempat Timur Tengah.

 Apa sih kendala Pindad?

Untuk memasarkan produk pertahanan, ada satu regulasi yang kita sadari kita tidak bisa melanggar. Karena ini bicara ujung-ujungnya kedaulatan negara. Sehingga apapun kita harus izin dulu bila kita akan ada kolaborasi atau penjualan produk.

 Tapi sudah ada solusi?

Dengan melaksanakan strategic partnership itu, kami bisa menjual produk di dalam negeri, kami juga bisa menjual ke luar negeri dan ini sudah berjalan.

  Liputan 6  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Kemenangan Tni Berdampak Besar"

Post a Comment