Info!! Koarmabar Gelar Latihan Sar Di Bahari Tahun 2017

 menggelar Latihan Pencarian dan Pertolongan  INFO!! Koarmabar Gelar Latihan SAR Di Laut Tahun 2017Ilustrasi operasi SAR Tentara Nasional Indonesia AL [TNI AL]

K
omando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menggelar Latihan Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Laut tahun 2017. Kegiatan tersebut diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin Inspektur Koarmabar (Irarmabar) Kolonel Laut (P) Hargianto, S.E., M.M., mewakili Panglima Koarmabar (Pangarmabar) Laksamana Muda Tentara Nasional Indonesia Aan Kurnia, S.Sos., di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (15/5).

Pangarmabar Laksamana Muda Tentara Nasional Indonesia Aan Kurnia, S.Sos., dalam amanatnya yang dibacakan Irarmabar mengatakan, latihan ini merupakan sarana untuk mengukur tingkat kesiapsiagaan personel Koarmabar dalam melakukan operasi penanggulangan kecelakaan di maritim sehingga sanggup diperoleh citra kemampuan operasional Koarmabar mulai dari tingkat perorangan hingga satuan. Selain itu, latihan tersebut juga untuk melatih unsur-unsur serta personel Koarmabar semoga bisa melakukan kiprah SAR mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengendalian penanggulangan kecelakaan di maritim serta menguji RO SAR Laut.

Lebih lanjut Pangarmabar Laksamana Muda Tentara Nasional Indonesia Aan Kurnia, S.Sos., menyampaikan bahwa pada tahap pelaksanaan, Latihan SAR akan diselenggarakan di perairan Teluk Jakarta dengan melibatkan 320 personel terdiri dari unsur-unsur Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut baik unsur maritim maupun udara, Tim Kesehatan serta didukung dari unsur Basarnar dan unsur maritim setempat.

Dalam latihan SAR kali ini mengambil tema “Koarmabar Melaksanakan Latihan Operasi SAR Laut Di Perairan Indonesia Wilayah Barat Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut”. Pangarmabar mengatakan, melalui tema tersebut diperlukan target latihan sanggup tercapai, alasannya ialah latihan ini memerlukan kesatuan komando dan pengendalian serta kesamaan visi dan misi bagi seluruh potensi atau unsur SAR yang terlibat khususnya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, sehingga misi SAR berjalan secara efektif dan efisien.

Mengakhiri amanatnya, Pangarmabar menunjukkan pengutamaan antara lain semoga para pelaku harus memahami planning latihan dengan baik, melakukan tindakan purba jaga secara profesional dan proporsioanal guna mencapai zero accident, mempertahankan teknis unsur semoga tetap prima guna mendukung kelancaran dan keberhasilan latihan serta melakukan kolaborasi komunikasi yang baik dengan instansi maritim pendukung demi terciptanya kesamaan teladan pikir dan teladan tindak dikala latihan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Utama Koarmabar serta para perwakilan dari Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI.

  ★ Portal Kata  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Koarmabar Gelar Latihan Sar Di Bahari Tahun 2017"

Post a Comment