Info!! Tni Al Kembali Diperkuat 2 Unit Kapal Latih

KAL Kadet Tentara Nasional Indonesia AL [sindonews]

TNI Angkatan Laut (AL) mendapatkan dua unit Kapal Angkatan Laut (KAL) baru, yakni KAL Kadet V-06 dan KAL Kadet V-07 sehabis diserahkan resmi dari PT Karimun Anugrah Sejati, Batam kepada Tentara Nasional Indonesia AL di Dermaga PT Karimun Anugrah Sejati, Batam, Kamis (29/112018). Dua unit KAL ini akan melengkapi jumlah kekuatan unsur-unsur yang telah dimiliki Tentara Nasional Indonesia AL.

Penandatangan isu kegiatan serah terima kedua KAL tersebut disaksikan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Tentara Nasional Indonesia Wuspo Lukito. Direktur PT Karimun Anugrah Sejati Jacky Sucipto menyerahkan kepada Tentara Nasional Indonesia AL yang diwakili Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal) Laksamana Pertama Tentara Nasional Indonesia Prasetya Nugraha.

Selanjutnya, dari Kadisadal diserahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda Tentara Nasional Indonesia Mulyadi diwakili Paban 1 renslog Kolonel Laut (T) Udyatmiko, yang lalu diserahkan kepada Gubernur AAL Laksda Tentara Nasional Indonesia Muhammad Ali diwakili Wagub AAL Brigadir Jenderal (Mar) Nuri Adrianis Djatmika untuk dipakai sebagai kapal latih Taruna/Taruni AAL.

Usai pelaksanaan serah terima kedua KAL itu, kegiatan dirangkai dengan legalisasi Komandan Kapal dalam suatu upacara dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakasal Laksamana Madya Tentara Nasional Indonesia Wuspo Lukito, di mana Mayor Laut (P) Maladi Hanjayani dikukuhkan sebagai Komandan KAL Kadet V-06 dan Mayor Laut (P) Hariz Sandy Wibowo sebagai Komandan KAL Kadet V-07.

Wuspo Lukito mengatakan, pengadaan KAL Kadet V-06 dan Kadet V-07 merupakan salah satu kegiatan yang telah diprogramkan sesuai perencanaan strategis Tentara Nasional Indonesia AL guna melengkapi kekuatan unsur-unsur yang telah ada, dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran vokasi di lingkungan Akademi Angkatan Laut (AAL).

KAL ini terbuat dari materi metal yang akan lebih baik dibandingkan dengan produk sebelumnya yang memakai materi fibe," ujar Wakasal dalam keterangan tertulisnya.

Wakasal berharap keberadaan 2 KAL Kadet Latih ini sanggup meningkatkan kualitas latihan praktek Taruna di maritim dan menunjukkan bantuan eksklusif kepada proses berguru dan latihan di AAL dalam rangka meningkatkan porsi pembelajaran praktek pada kurikulum pendidikan.

"Diharapkan seluruh Taruna akan lulus menjadi Perwira Tentara Nasional Indonesia AL yang terlatih, terdidik dan diperlengkapi dengan baik," ujar dia.

Laksamana Bintang Tiga ini menginstruksikan kepada komandan kapal untuk senantiasa memelihara dan mengoperasikan KAL ini sebaik mungkin semoga sanggup berfungsi optimal sesuai fungsi asasinya dan mencapai usia pakai yang diharapkan.

KAL Latih 45 M produksi PT Karimun Anugrah Sejati merupakan KAL Khusus yang didesain dan diperuntukkan semoga sanggup melakukan kiprah sebagai kapal latih Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) guna melakukan tugas-tugas khusus dalam mendukung Program Pelaksanaan Pendidikan (Prolakdis) AAL yakni Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan (Jarlatsuh).

Kapal Angkatan Laut ini mempunyai spesifikasi panjang 48,6 meter, lebar 7,9, tinggi 4,25 meter, kecepatan maksimum 18 knot, kemampuan berlayar selama 4 hari dan diawaki oleh 23 ABK. (rhs)

  SINDOnews  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Tni Al Kembali Diperkuat 2 Unit Kapal Latih"

Post a Comment