Info!! Indonesia Tawarkan Pesawat N219 Ke Federasi Mikronesia

 Indonesia telah menyampaikan pesawat terbang komuter N INFO!! Indonesia Tawarkan Pesawat N219 Ke Federasi MikronesiaPesawat N219 Nurtanio [Solopos] ☆

P
residen Joko Widodo mengungkapkan, Indonesia telah menyampaikan pesawat terbang komuter N219 yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia, Bandung, ke Federasi Serikat Mikronesia sebagai pesawat angkut antar pulau.

"Presiden Christian besok akan berkunjung ke PT Dirgantara Indonesia di Bandung," kata Jokowi, ketika pernyataan pers bersama dengan Presiden Federasi Serikat Mikronesia, Peter M Christian, di Istana Bogor, Rabu.

Menurut Jokowi, Indonesia dan Federasi Mikronesia mempunyai kesamaan, yaitu sama-sama negara kepulauan.

"Banyak kesamaan yang dimiliki dua negara. Kita yakni sama-sama bangsa Pasifik, kita sama-sama negara kepulauan. Mikronesia mempunyai 600 pulau dan Indonesia mempunyai lebih dari 17.000 pulau," kata dia.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengungkapkan, Indonesia bukanlah negara ajaib bagi Christian yang mempunyai leluhur dari Ambon, Maluku. Dia generasi ketiga perantauan Ambon di Mikronesia.

"Dalam kunjungan ke Indonesia ini dia juga akan pulang kampung, ke Ambon. Hal ini merupakan bukti bahwa ikatan antar masyarakat kedua negara sudah ada semenjak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu," kata Jokowi.

Presiden juga menilai kunjungan kenegaraan Christian ke Indonesia menjadi tonggak gres bagi hubungan kedua negara, yakni hubungan yang saling menghormati dan menguntungkan.

Posisi dan tugas negara-negara di Pasifik timur maritim sangat penting dalam diplomasi internasional dan kawasan, serta kepentingan nasional bagi Indonesia.

Adapun Federasi Mikronesia terdiri dari Kepulauan Marshall, Palau, Guam, Kepulauan Mariana Utara, dan Kiribati. Secara jarak yang hampir dapat dibandingkan dengan Sabang-Merauka, Federasi Mikronesia mempunyai luas wilayah sangat luas dan didominasi lautan.

"Saya sangat menghargai konsistensi akad Federasi Mikronesia untuk menghormati integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita setuju untuk memperkuat kerjasama dalam banyak sekali lembaga di Pasifik Selatan antara lain melalui kerjasama di Pasifik Island Forum," kata Jokowi.

Selain menyampaikan komuter N219, kata Jokowi, dalam pertemuan bilateral Indonesia dan Federasi Mikronesia juga membahas banyak sekali upaya untuk meningkatkan kerjasama bilateral, yakni bidang maritim dan konektivitas antar pulau.

"Sebagai sesama negara kepulauan, kita setuju meningkatkan kerjasama di bidang maritim dan peningkatan konektivitas antar pulau," katanya.

Jokowi juga menyampaikan kedua negara juga setuju meningkatkan interaksi pengusaha dan Indonesia akan mengundang pebisnis Federasi Mikronesia untuk berpartisipasi dalam Great Expo Indonesia 2018.

"Untuk meningkatkan hubungan kedua negara Indonesia berniat menunjuk konsul kehormatan untuk Federasi Mikronesia," kata Jokowi.

Indonesia juga akan menyampaikan beasiswa dan kerjasama pembangunan di banyak sekali bidang guna meningkatkan hubungan antar masyarakat Indonesia, kata Jokowi.

Christian mengatakan, negaranya jalinan hubungan diplomatik dengan Indonesia sudah berusia 27 tahun dan mereka ingin meningkatkan kolaborasi dalam banyak sekali bidang.

"Kami ingin membuatkan hubungan yang lebih akrab lagi antar kedua negara melalui hubungan antar manusia, contohnya pertukaran mahasiswa atau antar perguruan tinggi tinggi," kata dia.

Christian juga menyambut baik kerjasama di bidang ekonomi dan hubungan para pebisnis kedua negara.

Presiden Federasi Serikat Mikronesia ini juga mengucapkan selamat terhadap Indonesia yang berhasil sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

  antara  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Indonesia Tawarkan Pesawat N219 Ke Federasi Mikronesia"

Post a Comment