Info!! Lanud El Tari Kupang Masuk Dalam Perencanaan Peningkatan Tipe

T50i Tentara Nasional Indonesia AU di Yogyakarta

Panglima Komando Operasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (Pangkoopsau) III, Marsekal Muda Tentara Nasional Indonesia Tamsil Gustari Malik menyatakan, Pangkalan Udara El tari Kupang masuk dalam perencanaan peningkatan tipe dari tipe B ketika ini menjadi tipe A.

Hal ini disampaikan Pangkoopsau III Marsekal Muda Tentara Nasional Indonesia Tamsil Gustari Malik kepada wartawan dalam kunjungan kerjanya pada Minggu (15/7/2018) siang di VIP Room Lanud El tari Kupang, Nusa tenggara Timur.

Menurut Tamsil, ketika ini gres dua pangkalan udara di wilayah komando operasi III (wilayah Timur) yang memperoleh peningkatan tipe menjadi tipe A melalui Keppres yakni Lanud Jayapura dan Lanud Manuhua Biak.

Saat ini untuk Koopsau III gres dua (lanud) yang ditingkatkan statusnya yakni Biak dan Jayapura. Memang dalam perencanaan itu (Lanud El Tari Kupang) masuk, namun akan dilihat kepentingan dalam waktu dekat. Untuk Kupang sendiri juga sudah masuk dalam perencanaan,” ujarnya.

Terkait cepat atau lambatnya waktu sanksi peningkatan tipe, Tamsil menjelaskan akan dipertimbangkan menurut konstelasi bahaya dan perspektif kewilayahan.

Dalam waktu erat atau lama, kita lihat konstelasi bahaya dan perspektif dari selatan timur utara.

Menurutnya, posisi Lanud El Tari Kupang sangat strategis sebagai Lanud perbatasan sehingga pemerintah akan mempertimbangkan secara bertahap.

Karena korelasi kita dengan Australia yang cukup baik selama ini, kita menjadi pangakalan terdepan untuk perbatasan di wilayah selatan. Sehingga masuk dalam konsep, namun pemerintah kan tidak secara bersamaan eksklusif (meningkatkan tipe), tetapi akan dilakukan secara bertahap,” lanjutnya.

Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan kerja perdana Pangkoopsau III Marsekal Muda Tentara Nasional Indonesia Tamsil Gustari Malik ke Pangkalan Udara El Tari Kupang semenjak dilantik. Rombongan terdiri dari Pangkoopsau III, Ir Koopsau III, Asren Koopsau III, Asperskas Koopsau III, Askomlek Kas Koopsau III serta Kaku Koopsau III.

Selain itu juga bersama rombongan, ketua dan pengurus PIA Ardhya Garini Daerah III Kopsau III.

Kunjungan hari pertama dari dua hari kunjungan yang direncanakan, Pangkoopsau III bersama rombongan melaksanakan peninjauan faslitas Lanud El Tari Kupang mulai dari lapangan tembak, gudang senjata, shelter baru, shelter lama, dapur dan komplek Lanud. Namum, sebelum itu Pangkoopsau dan rombongan mendengarkan paparan komando internal dari Danlanud El Tari Kupang.

Selain meninjau kemudahan Lanud El Tari, Pangkoopsau III juga akan melaksanakan pertemuan dan courtesy call dengan Gubernur NTT, menembak di lapangan Tembak Seroja, meninjau renovasi bangunan dan asset serta mengunjungi Sekolah Menengah Pertama Angkasa dan melaksanakan aktivitas penanaman pohon.

  Pos Kupang  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Lanud El Tari Kupang Masuk Dalam Perencanaan Peningkatan Tipe"

Post a Comment