Info!! Pindad Dipercaya Brasil Rakit Roket

Astros Yonarmed ★

PT Pindad (Persero) menerima iman dari perusahaan asal Brasil, yaitu Avibras Company untuk merakit roket. Senjata tersebut telah digunakan oleh banyak negara salah satunya Indonesia melalui TNI.

Kepercayaan ini didapatkan usai kunjungan Direktur Utama Pindad Abraham Mose bersama dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Tentara Nasional Indonesia Mulyono ke Brasil pada pekan lalu.

Dalam kunjungan tersebut dilakukan penandatanganan perjanjian kolaborasi antara tiga pihak, yaitu Pindad, Tentara Nasional Indonesia dengan Avibras Brasil.

Abraham menjelaskan, adanya iman alih teknologi ini menimbulkan kekuatan gres bagi Pindad dalam menjadi industri pendukung kemandirian pertahanan Indonesia.

"Karena kebutuhan Tentara Nasional Indonesia banyak sekali, apalagi amunisi latihan, isyarat Kasad yakni Pindad yang harus bisa buat itu. Makara longsongnya dari sana, kita isi, kita rakit di Turen (Malang), digunakan TNI," kata beliau dikala berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (4/5/2018).

Perlu diketahui, roket yakni salah satu senjata pertahanan jarak menengah. Roket ini bisa menembak target dengan jarak kuramg lebih 85 kilometer (km) dengan kecepatan 90 Km/jam. Dengan kaliber 80 mm, daya ledak roket ini bisa mencapai 52 hektar (ha).

Untuk membawa dan meluncurkan roket ini, diharapkan kendaraan khusus (transporter) yang selama ini juga diproduksi Avibras. Ke depan, Pindad juga berencana memproduksi kendaraan peluncur roket tersebut.

 Kebutuhan Ribuan 

Setiap tahunnya, Tentara Nasional Indonesia membutuhkan setidaknya 3.000 roket baik untuk latihan atau untuk pertahanan. Banyaknya kebutuhan inilah yang menjadi alasan Pindad mencoba untuk alih teknologi dengan Brasil.

"Jadi mulai selesai tahun kita akan asembling roket ini di Turen. Dan jika ini sudah jalan, kita juga coba masuk untuk buat sendiri transporternya," kata Abraham.

  Liputan 6  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Pindad Dipercaya Brasil Rakit Roket"

Post a Comment