Info!! Tni Pakai Alat Komunikasi Canggih Buatan Anak Bangsa

Alat komunikasi militer BMS CY-16H. [istimewa] ★

A
lat komunikasi untuk militer di sebuah negara memang dihentikan diadopsi sembarangan. Tidak heran bila perusahaan lokal di Tanah Air berjuang sekuat tenaga untuk membuat alat komunikasi angkatan bersenjata yang aman, apalagi dipakai ketika bertempur di medan perang.

Perusahaan alat komunikasi militer lokal, PT Hariff Daya Tunggal Engineering, membuat alat komunikasi canggih yang sudah dipakai oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Namanya BMS (Battlefield Management System) CY-16H.

Menurut General Manager Hariff Daya Tunggal Engineering, Muhamad Uco Isnaini, BMS CY-16H merupakan produk ICCS (Integrated Command & Control System) yang sanggup menjembatani dan mengamankan komunikasi di seluruh hierarki yang ada di Tentara Nasional Indonesia AD.

Mulai dari pos komando sampai pasukan. Pos komando juga sanggup memantau posisi dan kondisi pasukan yang ada di medan perang.

Layaknya smartphone, selain sanggup mengkomunikasikan suara, BMS juga sanggup mengkomunikasikan data-data yang ada di lapangan dengan kecepatan yang tinggi.

Dengan demikian sanggup meminimalkan misscommunication dan mempercepat proses pengambilan keputusan. BMS CY-16H ketika ini sudah terpasang di sebagian Kendaraan Tempur (Ranpur) dan Kendaraan Taktis (Rantis) Milik TNI-AD.

"Kami juga sedang membuatkan BMS Personel yang untuk dipakai oleh pasukan infanteri Tentara Nasional Indonesia AD," katanya, dalam keterangan, Rabu, 25 Juli 2018. Ke depannya, PT Hariff berharap BMS juga sanggup dipakai oleh dua kesatuan lainnya, yakni Tentara Nasional Indonesia AU dan Tentara Nasional Indonesia AL.

Baru-baru ini, BMS CY-16H mendapat Penghargaan Rintisan Teknologi dari Kementerian Perindustrian. Penghargaan ini diberikan ketika ajang Innofest bertajuk "Building Innovation Ecosystem for Making Indonesia 4.0” pada 24-27 Juli 2018 oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Ini merupakan kali kedua Hariff DTE memenangkan penghargaan Rintek, sesudah sebelumnya mengusungkan produk HiMAX231 (Hariff Interoperability Microwave Access) pada 2008, yang termasuk dalam pembagian terstruktur mengenai teknologi WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access).

"Ini sebuah pujian bagi kami. BMS CY-16H merupakan produk murni karya anak bangsa. Tidak ada campur tangan gila sedikit pun dalam pembuatannya. Ini dibuktikan dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) yang tinggi," ungkap Direktur Utama PT Hariff DTE, Budi Permana.

Melalui kolaborasi Litbanghan (Penelitian dan Pengembangan Pertahanan) dan Dithubad (Direktorat Angkatan Darat) semenjak 2012, seluruh rangkaian pembuatan, mulai dari rancangan sampai produksi didasarkan para keyakinan Tentara Nasional Indonesia AD dan dikerjakan sepenuhnya oleh engineer Indonesia.

Budi menambahkan bila BMS CY-16H pernah dipamerkan dalam ajang berskala internasional atau IDEF (International Defense Industry Fair) di Ankara, Turki pada 2017.

  Vivanews  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Tni Pakai Alat Komunikasi Canggih Buatan Anak Bangsa"

Post a Comment