Info!! [Dunia] Italia Kenalkan Jet F-35B Buatan Sendiri

Jet tempur F-35B, varian F-35, yang dibentuk di Italia. (Aeronautica Militare/ Lockheed Martin)

Sebuah kemudahan produksi militer Italia meluncurkan pesawat jet tempur F-35B pertama yang dibentuk di negara itu. Produk jet tempur canggih di bawah lisensi Lockheed Martin ini diklaim bisa lepas landas di landasan pacu pendek dan mendarat secara vertikal.

F-35B ialah varian dari jet tempur F-35. Jet tempur F-35 generasi kelima selama ini ini dianggap kontroversial sebab biaya produksi sangat mahal namun kinerjanya bermasalah.

Pesawat yang dibentuk versi Italia ini diberi nama aba-aba BL-1. Pesawat diluncurkan pada hari Jumat di sebuah kemudahan industri di Kota Cameri, Italia utara. Demikian pernyataan pers Lockheed Martin.

Pesawat jet tempur ini akan melaksanakan penerbangan perdananya pada selesai Agustus. Pesawat akan dikirim ke militer Italia pada bulan November tahun 2017.

Setelah menjalani serangkaian ”penerbangan kepercayaan”, pesawat jet tempur siluman ini akan diterbangkan ke pangkalan Angkatan Laut AS di Maryland untuk mendapat sertifikasi dan training awak pada awal tahun 2018.

Menurut Lockheed Martin, Angkatan Udara Italia telah menerbangkan lebih dari 100 jam terbang untuk pesawat tempur tersebut.

Italia bukan hanya kawan agenda F-35 yang dinilai telah mencapai banyak agenda F-35 pertama, namun juga merupakan komponen kekuatan udara NATO yang kritis, yang menunjukkan kekuatan udara maju bagi aliansi untuk satu dekade yang akan datang,” kata Doug Wilhelm, Wapres Manajemen Program F-35 Lockheed Martin, menyerupai dikutip dari Russia Today, Minggu (7/5/2017).

F-35 sedang dibangun oleh AS berafiliasi dengan beberapa negara mitra. Hal ini diyakini sebagai pesawat termahal yang pernah dirancang untuk militer.

   sindonews  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! [Dunia] Italia Kenalkan Jet F-35B Buatan Sendiri"

Post a Comment