Info!! Kapal Selam Nanggala Sandar Di Lantamal Ix/Ambon

Kapal Selam Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut KRI Nanggala  INFO!!  Kapal Selam Nanggala Sandar di Lantamal IX/AmbonKapal Selam Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut KRI Nanggala - 402 kelas U-209/1300 dipimpin, Mayor Laut (P) Yulius Azz Zaenal, sandar di dermaga Irian Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia AL (Lantamal) IX/Ambon, Rabu. [Penal-9]

Kapal Selam Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut KRI Nanggala - 402 kelas U-209/1300 dipimpin, Mayor Laut (P) Yulius Azz Zaenal, sandar di dermaga Irian Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia AL (Lantamal) IX/Ambon, Rabu.

Kapal buatan Jerman Barat itu datang dan sandar di Lantamal IX sekitar pukul 08.00 WIT untuk Bekal Ulang (Bekul) sebelum melakukan Operasi Siaga Tempur Perbatasan (Trisula) 2017 yang digelar Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) di wilayah perairan yurisdiksi nasional, khususnya tempat Indonesia timur.

Kehadiran KRI Nanggala - 402 disambut dengan pengawalan Tim East Fleet Quick Response-9 (EFQR-9) menggunakan Sea Rider milik Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal IX, mulai dari ketika memasuki tempat Teluk Ambon sampai datang di dermaga Irian Lantamal IX.

Komandan Lantamal IX/Ambon Laksamana Pertama Tentara Nasional Indonesia Nur Singgih Prihartono menyampaikan pengawalan dan Bekul sudah menjadi kiprah pokok jajarannya.

Karena itu, pihaknya siap memperlihatkan dukungan logistik maupun manajemen bagi unsur-unsur Koarmatim dan satuan operasional Tentara Nasional Indonesia AL lainnya, menyerupai KRI, pesawat udara (Pesud) dan marinir yang sedang melakukan acara operasi di wilayah kerja Lantamal IX.

"Pengawalan dan Bekul sudah menjadi kiprah pokok Lantamal IX yakni menyelenggarakan dukungan logistik maupun manajemen bagi unsur-unsur Koarmatim dan satuan operasional Tentara Nasional Indonesia AL lainnya yang sedang melakukan acara operasi," kata Nur.

Menunggu Kapal Selam KRI Nanggala tamat Bekul sampai 19 Mei 2017, Komandan Lantamal IX mengizinkan masyarakat yang ingin mengunjungi dan melihat dari bersahabat kapal bernomor lambung 402 itu.

Kapal Selam KRI Nanggala - 402 kelas U-209/1300 dibentuk oleh Howaldtswerke, Kiel, Jerman Barat pada 1981.

Kapal selam ini tercatat yang kedua dalam jenis kelas cakra di bawah kendali satuan kapal selam Koarmatim dan KRI kedua yang menyandang nama Nanggala.

Sedangkan kapal pertama dalam jenis kapal selam cakra yaitu KRI Tjakra 401, satu dari 12 kapal selam kelas whiskey buatan Rusia yang di-scrap pada 1970-an.

Pada 2012, dikabarkan Kapal Selam KRI Nanggala - 402 telah diperbaiki secara menyeluruh (overhaul and retrofit) selama 24 bulan di dermaga Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan.

Kapal perang itu kembali memperkuat Armada Tentara Nasional Indonesia AL dengan sistem manajemen tempur dan operasi kapal yang diperbarui menggunakan sistem teknologi digital dari Norwegia.

Dalam Operasi Trisula 2017 di wilayah perairan yurisdiksi nasional tempat timur Indonesia, selain KRI Nanggala - 402, Koarmatim juga menggerakan Kapal Selam KRI Tjakra - 401.

  Antara  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Kapal Selam Nanggala Sandar Di Lantamal Ix/Ambon"

Post a Comment