Info!! Koopsau Iii Bermarkas Di Biak

Ilustrasi [TNI AU] ★

Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto mengemukakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan pembentukan Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III, yang akan bermarkas di Pulau Biak, Provinsi Papua.

"Saya melaksanakan kunjungan kerja ke Biak dalam rangka pelaksanaan jadwal Tentara Nasional Indonesia yakni pembentukan Koopsau III di Pulau Biak," kata Marsekal Tentara Nasional Indonesia Hadi Tjahjanto dalam keterangan pers di Biak, Kamis.

Ia mengakui untuk mewujudkan pembentukan Koopsau III maka Mabes Tentara Nasional Indonesia harus menyiapkan aneka macam sarana prasarana, utamanya markas komando serta kemudahan penunjang lainnya.

Panglima Tentara Nasional Indonesia berharap rencana pembentukan Koopsau III sanggup terealiasi secepatnya sehingga akan menambah kekuatan Tentara Nasional Indonesia dalam mengawal dan menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Saya minta doa dan pemberian dari masyarakat Biak sehingga jadwal pengembangan Koopsau III sanggup terlaksana dalam waktu dekat," ujarnya.

Sejauh ini, Tentara Nasional Indonesia AU mempunyai dua komando operasi yakni Koops AU I meliputi wilayah Indonesia bab barat yang meliputi seluruh Sumatra, Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Banten, Jakarta dan sebagian Jawa Tengah.

Koops AU I bermarkas di Halim Perdanakusumah Jakarta.

Sedangkan Koops II meliputi wilayah Indonesia bab timur yang meliputi seluruh Sulawesi, Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, sebagian Jawa Tengah dan Papua.

Koopsau II bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan.

Komando ini mempunyai kiprah ialah training kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan Tentara Nasional Indonesia AU dalam jajarannya, dan melaksanakan operasi-operasi udara dalam rangka penegakan kedaulatan negara di udara, mendukung penegakan kedaulatan negara di darat dan di laut.

Selain mengunjungi Biak, Panglima Tentara Nasional Indonesia bersama rombongan KSAU Marsekal Tentara Nasional Indonesia Yuyu Sutisna, KSAD Jenderal Tentara Nasional Indonesia Mulyono, Wakasal dan pati Mabes Tentara Nasional Indonesia akan mengunjungi Sorong, Papua Barat.

"Untuk Sorong saya akan melihat juga persiapan untuk pembentukan Pasmar III, ya semua ini masih dalam penjajakan Mabes TNI," ujarnya.

Saat datang di pangkalan udara STAB Manuhua Biak, rombongan Panglima Tentara Nasional Indonesia disambut dengan prosesi susila Mansorandak (injak piring adat) dipimpin tokoh susila Mika Ronsumbre dan Marthinus Randokir.

Ikut menjemput rombongan Panglima TNI, diantaranya Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Tentara Nasional Indonesia George E. Supit, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Danrem 173/PVB Kolonel Inf Bachman, Guskamla Armatim, Danrem 173/PVB, Pangkosek Hanudnas IV, Danlanud Kolonel Pnb Fajar Adriyanto, Kapolres AKBP Rachmad Amsori SiK, Dandim 1708 Letkol Inf DC Somoukil serta Asisten 1 Sekda Biak Frits G Senandi.

  antara  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! Koopsau Iii Bermarkas Di Biak"

Post a Comment