Info!! [Dunia] Australia Berencana Bangkit Pangkalan Militer

Di Papua Niugini Pulau Manus PNG [Google Maps]

Australia dilaporkan berencana membangun pangkalan angkatan bahari di Papua Niugini untuk menangkal efek China di daerah Pasifik.

The Australian via AFP melaporkan Kamis (20/9/2018), Canberra bersiap menuntaskan kemudahan militer bersama di Pulau Manus.

Kesepakatan itu bakal dijalin di tengah pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Port Moresby November mendatang.

Pejabat Kementerian Pertahanan Australia menjajaki pembangunan kembali Pangkalan Lombrum sesudah Perdana Menteri Papua Niugini Peter O'Neill berkunjung ke Australia Juli lalu.

Dikonfirmasi mengenai pemberitaan The Australian, PM Australia Scott Morrison berkata tidak memperlihatkan sanggahan.

"Pasifik merupakan area prioritas tertinggi bagi kepentingan keamanan nasional Australia," kata PM 50 tahun tersebut.

"Namun aku tidak akan berkomentar soal spekulasi isu keamanan nasional alasannya memang tak diperlukan," lanjut Morrison.

Kabar planning pembangunan pangkalan militer di Papua Niugini terjadi sesudah China dikabarkan berniat menempatkan militer di Vanuatu.

China dilaporkan telah mengucurkan miliaran dolar Amerika Serikat (AS) dalam bentuk derma infrastruktur di pulau daerah Pasifik.

Kawasan tersebut dikenal sangat strategis dan penting sebagai jembatan maritim di Asia. Australia telah memperingatkan pentingnya membendung efek Beijing di sana.

Negeri "Kanguru" mengkritik China yang disebut melaksanakan "diplomatik lembut". Di 2018 ini, mereka menyatakan bakal menjalin perjanjian dengan Vanuatu.

Selain itu, mereka juga mengumumkan bakal membangun jalur kabel komunikasi bawah bahari di Kepulauan Solomon dan Papua Niugini.

  ♞ Kompas  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info!! [Dunia] Australia Berencana Bangkit Pangkalan Militer"

Post a Comment